Berita Terbaru
RSS
18 Apr 2014
Mogok Kerja PDF Cetak
Senin, 10 Januari 2011 11:54

Apa itu mogok kerja? Mogok kerja adalah upaya yang dilancarkan/dilakukan oleh buruh (biasanya oleh serikat) secara terencana dan bersama-sama dalam bentuk tidak melakukan pekerjaan dengan tujuan untuk menghentikan atau menghambat produksi.

Mogok kerja biasanya dilakukan jika upaya perundingan-perundingan telah dilakukan, namun tidak tercapai kesepakatan antara buruh dengan pihak pengusaha/perusahaan.

Mogok kerja merupakan salah satu taktik buruh yang paling jitu untuk memperoleh daya tawar dalam melakukan penuntutan hak kepada pengusaha/perusahaan, namun demikian mogok kerja harus dilakukan secara hati-hati, harus betul-betul memahami tingkat kesadaran massa dan mempertimbangkan jumlah massa.

Jika massa belum betul-betul mengerti soal dasar tuntutan (baik alasan secara sosial maupun secara hukum) dan belum siap menghadapi resiko (intimidasi psikis atau kekerasan, atau PHK) dan secara jumlah massa belum mayoritas (katakanlah belum mencapai 70% dari seluruh buruh yang ada diperusahaan), lebih baik mogok kerja tidak dilakukan. Dalam keadaan seperti itu lebih baik dilakukan pendekatan-pendekatan personal terhadap pengusaha/perusahaan, hal ini bukan berarti buruh kalah, tapi itu hanya merupakan taktik karena jika hal itu berhasil (dalam arti dipenuhinya tuntutan-tuntutan minimal) maka keprcayaan dan dukungan massa akan semakin meluas.

Apa syarat prosedur yang harus dipenuhi oleh buruh sebelum melakukan mogok kerja? Buruh harus memberitahukan secara tertulis rencana mogok kerja kepada pengusaha/perusahaan dan dinas tenaga kerja 7 hari sebelum mogok kerja tersebut dilakukan. (Pasal 140 UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan).

Isi surat pemberitahuan setidaknya memuat:

Waktu (hari, tanggal, jam) kapan dimulai dan berakhirnya mogok kerja.

Tempat dilakukannya mogok kerja.

Alasan melakukan mogok kerja.

Tandatangan ketua serikat/penanggung jawab mogok kerja.

Asep Mufti. Staf LBH Semarang.

 
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com